Soal Aset yang Buat Bandung Belum WTP

0 374
banner 468x60
banner 160x600

emilKota Bandung masih mendapatkan opini Wajar Dengan Pengecualian (WDP) dalam Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) BPK atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah TA 2015 Pada Kabupaten/Kota se-Provinsi Jabar, di Kantor BPK Perwakilan Jabar Selasa (7/6/2016). Mengapa bisa begitu? Ini kata Wali Kota Bandung Ridwan Kamil.

"Target saya Insya Allah tahun depan sesuai dengan road map-nya karena yang dibenahi banyak sekali," ujar pria yang karib disapa Emil di Kantor BPK Jabar, Jalan Moh Toha, Selasa (7/6/2016).

Emil mengakui masih ada urusan aset yang membuat laporan kuangan Kota Bandung belum bisa mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

"Sebagai kota peninggalan Belanda ini setahun kita lebih dari 15 kali digugat ke pengadilan urusan aset. Jadi kombinasi aset dari zaman dulu yang kita sudah hitung ternyata banyak digugat, itu juga yang jadi PR besar maka targetnya memang tiga tahun pembenahannya, kita doakan 2017," jelasnya.

Untuk memperbaiki masalah aset tersebut, tahun ini pihaknya sudah membentuk tim khusus untuk melakukan survey dan menghitung ulang data aset.

"Sehingga kita akan tahu bahwa aset yang memang datanya kurang kita enggak akan hitung lagi. Warisan Belanda kita hitung ternyata sertifikatnya enggak ada, lokasinya dikuasai pihak ketiga jadi tercatat di Pemkot tapi tidak diakui oleh BPK karena keberadaannya tidak diyakini. Hal-hal itu lagi dirapihin, saya kira target tahun ini masih WDP tapi target tahun depan harus WTP," bebernya.

Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Jabar menyerahkan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) BPK atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah TA 2015 Pada Kabupaten/Kota se-Provinsi Jabar, Selasa (7/6/2016). Penyerahan LHP gelombang II itu diberikan kepada 12 kabupaten/kota.

Dari 12, hanya delapan Pemda di Jawa Barat yang Meraih Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

Lima Pemda yang berhasil mempertahankan opini WTP yakni Kota Depok, Kota Sukabumi, Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Kuningan, Kabupaten Bekasi.

Sedangkan Pemda yang baru kali pertama menerima opini WTP yakni Kabupaten Cirebon, Kabupaten Indramayu dan Kota Bekasi. Sementara pemda lainnya yang belum WTP yakni Kota Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Pangandaran dan Kota Cirebon.

 

Source:http://news.detik.com/berita-jawa-barat/3227237/ridwan-kamil-soal-aset-yang-buat-bandung-belum-wtp

Category: Opini
Email Autoresponder indonesia
author
No Response

Leave a reply "Soal Aset yang Buat Bandung Belum WTP"