Dimulai Hari Ini, Saritem Mural Art Fest Tetap Terima Peserta

banner 468x60
banner 160x600

Saritem Mural FestivalLomba mural "Saritem Mural Art Festival 2016" dibuka oleh Wakil Wali Kota Bandung, Oded M. Danial, ‎di Jalan Saritem, Kelurahan Kebon Jeruk, Kecamatan Andir, Sabtu 18 Juni 2016. Meski demikian, pendaftaran tetap dibuka karena jumlah peserta baru mencapai setengah dari target.

"Jumlah peserta saat ini 25, kami mengharapkan sampai 50. Jadi kami menunggu peserta lain untuk ikut," ujar Camat Andir, Nofidi H. Ekaputra, setelah pembukaan.

Belum tercapainya jumlah peserta, menurut Nofidi, kemungkinan karena pendeknya masa sosialisasi dan sulitnya mural kaligrafi. Mereka yang ahli dalam mural kaligrafi dinilai tidak sebanyak mural abstrak atau modern.

Peserta baru ditunggu sampai 25 Juni ini karena pada 26 Juni akan dilakukan penutupan. Sementara peserta yang memulai kompetisi, dipandu oleh Ahli Kaligrafi, Wahidin.

Panduan tersebut agar hasil karya mereka tetap pada koridor estetika dan memberikan sentuhan kaligrafi khas di Saritem yang sebelumnya sohor sebagai pusat prostitusi di Bandung itu.

"Jadi ini ciri khas kampung sendiri yang tidak tercampur dengan kaligrafi lain, khusus untuk lingkungan RW 09," kata dia. Dinding-dinding berhias mural kaligrafi, diharapkan sebagai langkah awal merintis kampung kreatif.

Nofidi mencatat, pemuda setempat memiliki potensi ekonomi yang prospektif. Mereka memiliki kemampuan dalam sablon, membatik, bengkel, dan memproduksi makanan seperti bakso. Penciptaan kampung kreatif akan digerakkan dari potensi ekonomi tersebut.

"Kalau menjadi kampung kreatif, orang datang ke sini tanpa harus ketakutan akibat opini negatif yang selama ini terbentuk," ujar dia. Jika banyak orang datang, diharapkan mereka yang bermaksud ingin melakukan transaksi dalam praktik prostitusi, menjadi sungkan.

"Bisa jadi karena kenal dengan mereka yang berkunjung, jadi yang tadinya mau ke PSK (pekerja seks komersial) menjadi malu dan tidak jadi," kata Nofidi. Meski telah ditutup, Nofidi mengakui saat ini prostitusi Saritem tetap berjalan dalam skala kecil di kos-kos rumah warga tertentu

 

Source: http://www.pikiran-rakyat.com/bandung-raya/2016/06/18/dimulai-hari-ini-saritem-mural-art-fest-tetap-terima-peserta-372200

Category: Uncategorized
Email Autoresponder indonesia
author
No Response

Leave a reply "Dimulai Hari Ini, Saritem Mural Art Fest Tetap Terima Peserta"