Akibat Pembangunan Kereta Cepat, 17 Daerah ini Tergusur

banner 468x60
banner 160x600
20141210065454233

Kereta Cepat Jkt-Bdg

NGAMPRAH.- Pembebasan lahan warga Kabupaten Bandung Barat yang bakal terkena dampak proyek kereta cepat Jakarta-Bandung mulai disosialisasikan. Di Bandung Barat, proyek ini rencananya bakal menggusur lahan di 17 desa dari 4 kecamatan.

Koordinator Tim Bandung Barat dari PT Kereta Cepat Indonesia Cina, Adjang Suparman menuturkan, ketujuh belas desa tersebut yakni Desa Tenjolaut, Puteran, Cikalongwetan, Rende, dan Mandalasari di Kecamatan Cikalongwetan, serta Desa Nyalindung dan SUmurbandung di Kecamatan Cipatat. Sementara di Kecamatan Ngamprah, yaitu Desa Bojongkoneng, Sukatani, Margajaya, Cimareme, Gadobangkong, dan Mekarsari. Terakhir, di Kecamatan Padalarang yaitu Desa Tagogapu, Cempakamekar, Kertamulya, dan Laksanamekar.

"Sosialisasi pembebasan lahan telah dilakukan di semua desa tersebut. Selanjutnya, kami akan melakukan pendataan mengenai berapa banyak lahan warga yang bakal terkena dampak proyek kereta cepat ini," ujar Adjang di Ngamprah, Selasa 21 Juni 2016.

Dari pendataan sementara, lanjut dia, pembebasan lahan ini dilakukan terhadap 132 keluarga di Desa Nyalindung, Cipatat, 62 keluarga di Desa Kertamulya dan 180 keluarga di Desa Cempakamekar, Kecamatan Padalarang. Khusus untuk warga di Desa Nyalindung, uang muka sebanyak 20 persen telah dibayarkan.

Adjang mengungkapkan, pembangunan jalur kereta cepat akan mengambil lahan warga dengan lebar bervariasi, dari 15-30 meter. Namun, di beberapa titik ada juga yang membebaskan lahan hingga 50 meter karena akan dibangun terowongan menembus gunung.

"Terowongan ini akan dibangun di titik tertentu, seperti di Desa Bojongkoneng yang akan dibangun terowongan sepanjang 1,5 kilometer. Jadi, lahan yang dibebaskan lebih lebar, yakni hingga 50 meter,” katanya.

Pembebasan lahan tersebut, menurut Adjang, ditargetkan rampung pada akhir tahun ini. Dengan demikian, pada 2017 nanti, pembangunan jalur kereta cepat akan mulai dikerjakan

 

Source: www.pikiran-rakyat.com/bandung-raya/2016/06/21/17-daerah-ini-tergusur-pembangunan-kereta-cepat-372475

Category: Ekbis
Email Autoresponder indonesia
author
No Response

Leave a reply "Akibat Pembangunan Kereta Cepat, 17 Daerah ini Tergusur"