Antisipasi Sampah Saat Libur Lebaran

1 592
banner 468x60
banner 160x600
JAKARTA, 3/2 - VOLUME SAMPAH JAKARTA. Petugas menaikkan sampah ke dalam bak truk di Tempat Pembuangan Sementara Cipinang, Jakarta Timur, Minggu (3/2). Usai banjir besar Jakarta pertengahan Januari 2013, volume sampah di seluruh wilayah meningkat rata-rata 1100 ton per hari, terbesar dari Jakarta Utara dan Barat. FOTO ANTARA/Yudhi Mahatma/Koz/pd/13.

Salah satu yang di khawatirkan oleh PEMPROV Jabar adalha Menumpukanya sampah saat libur lebaran datang.

"Satu-dua hari tidak masalah, tapi kalau lebih dari itu, apalagi lebih dari satu minggu dipastikan darurat sampah terjadi," kata Iswara.

 

Direktur Eksekutif Peduli Lingkungan Jawa Barat (Pelija), M.Q Iswara menuturkan, jika pengangkutan sampah berhenti lebih dari dua hari, dipastikan terjadi gunungan sampah di berbagai lokasi. Oleh karena itu, pemerintah baik itu Pemerintah Provinsi Jawa Barat ataupun pemerintah di masing-masing daerah harus mengantisipasi hal ini.

Pemerintah harus menyiapkan strategi pengangkutan sampah untuk mengantisipasi terjadinya penumpukan sampah di berbagai wilayah. Penghentian pengangkutan sampah saat libur Lebaran tak boleh lebih dari dua hari sebab jika lebih dari itu dipastikan darurat sampah bakal terjadi seperti yang dikhawatirkan Kabupaten Bandung.

Kalaupun penghentian pengangkutan harus terjadi, menurut Iswara, maka semua pihak harus berpartisipasi mengurangi volume sampah dimulai dari tingkat rumah tangga. Sebab di titik inilah sampah diproduksi. "Jadi berpulang kepada kesadaran masyarakat untuk meminimalisir sampah. Pilah sampah, mana yang masih bisa digunakan mana yang memang terpaksa harus dibuang. Sebab tidak mungkin pengangkutan sampah berhenti. Dua hari saja penumpukannya sudah luar biasa, apalagi lebih dari itu," tuturnya.***

 

Source: http://www.pikiran-rakyat.com/bandung-raya/2016/06/30/antisipasi-darurat-sampah-saat-libur-lebaran-373461

Category: Pemerintah, Peristiwa
Email Autoresponder indonesia
author
One Response
  1. author

    Silva Fletes2 years ago

    Excellent read, I just passed this onto a friend who was doing some research on that. And he actually bought me lunch since I found it for him smile So let me rephrase that: Thanks for lunch!

    Reply

Leave a reply "Antisipasi Sampah Saat Libur Lebaran"