Harus Bisa Berbahasa Indonesia

0 526
banner 468x60
banner 160x600
Tenaga Kerja Asing Tiongkok

Tenaga Kerja Asing Tiongkok

Bandung, BCT. - Banyaknya tenaga kerja asing yang masuk ke indonesia dengan kemampuan berbahasa Indonesia yang minim membuat Ketua DPRD Jabar Ineu Purwadewi angkat bicara perihal ini. Ia pun mengatakan bahwa sebaiknya TKA itu harus memiliki skil berbahasa Indonesia di samping memiliki skill teknik.

" Itu bisa menjadi solusi atas serbuan TKA di era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) ke Indonesia dengan mewajibkan para TKA bisa berbahasa indonesia. Jadi sesuai usulan tadi, tidak sembarang pekerja asing masuk tanpa bisa berbahasa Indonesia" kata Ineu.

Selain itu, menaikan retribusi  tenaga kerja asing dari 100 dolar AS per tenaga asing perbulannya menjadi 200 dolar AS merupakan salah satu solusi untuk menekan angka serbuan TKA. Aturan 100 dolar AS tersebut sudah diatur dalam PP Nomor 65/2012 Tentang Jenis dan Tarif Atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang Berlaku pada Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi.

Dengan naiknya retribusi tersebut di harapkan para pekerja asing berfikir untuk datang ke Indonesia. Selain itu, ia pun mengatakan, pemerintah indonesia sendiri harus siap dengan datangnya TKA yang tidak bisa terhindarkan ini. Ia berharap pemerintah mampu menyiapkan SDM dengan meningkatkan kompetensi dan sertifikasi untuk tenaga kerja Indonesia dari instansi terkait agar tidak kalah bersaing dengan tenaga kerja asing. (rd)

Category: Pemerintah, Pendidikan
Email Autoresponder indonesia
author
No Response

Leave a reply "Harus Bisa Berbahasa Indonesia"