Al Qur’an : Tentang Seberapa Besarkah Bumi Kita ?

banner 468x60
banner 160x600

bumi kitaBCT. - Rasanya Bumi yang kelilingnya 40.000 km ini sangat besar bagi kita. Untuk pergi ke Amerika atau Afrika saja jauh sekali. Apalagi jika sampai harus ke Antartika.

Tapi coba kita lihat besar Bumi kita dengan ciptaan Allah lainnya. Ternyata tidak ada apa-apanya. Bahkan bintang yang terbesar pun hanya satu titik dibanding Galaksi, Cluster, Super Cluster, Jagad Raya.

Tapi di atas semua itu kita harus yakin bahwa Allah pencipta Semesta Alam jauh lebih besar dari semua itu. Allah Maha Besar!

Ukuran Bumi dibanding Matahari. Diameter (lebar) matahari 1.391.980 km. Jika bumi “dimasukkan” ke matahari, ada 1,3 juta bumi yang bisa masuk.

  • Bintang Arcturus diperkirakan lebih besar dari matahari dengan perbandingan 25x dari Matahari.
  • Bintang Antares ini ukuran diameternya lebih besar dari garis lingkaran orbit planet Mars mengelilingi Matahari.
  • Bintang Antares diperkirakan memiliki ukuran luar dengan panjang diameter 300 juta - 800 juta km.

Antares disebut bintang raksasa super merah atau SuperGiant Star. Ukurannya 883 kali radius dari matahari. Jaraknya jauh sekali dari bumi, sekitar 550 tahun cahaya. Memiliki kekuatan cahaya 10.000x dari matahari. Cahayanya 170 x lebih terang dari matahari.

Bintang Antares memiliki bintang kembar yang disebut Antares B tapi ukurannya lebih kecil. Bintang kembarannya agak sulit terlihat dengan teleskop karena terhalang cahaya Antares yang lebih besar dan menutup kekuatan cahaya saudara disampingnya. Bintang Antares masuk 4 besar sebagai bintang paling terang setelah Spica, Regulus dan Aldebaran.

Kalau anda menganggap Antares sudah sangat besar, ternyata bintang itu masih belum apa-apa dibanding dengan galaksi seperti Galaksi Bimasakti yang terdiri dari ratusan milyar bintang dengan lebar hingga 100 ribu tahun cahaya (1 detik cahaya=300.000 km).

Galaksi itu pun tidak seberapa jika dibanding dengan Cluster (Kumpulan) Galaksi yang terdiri dari ribuan Galaksi.

Tapi di atas Cluster masih ada Super Cluster yang terdiri dari ribuan Cluster. Ribuan Super Cluster akhirnya membentuk jagad raya.

Saat ini diperkirakan Jagad Raya (Universe) lebarnya 30 milyar tahun cahaya. Tapi ini cuma angka sementara mengingat teleskop tercanggih saat ini “cuma” bisa mencapai jarak 15 milyar tahun cahaya!

Jika dunia ini begitu luas, maka Allah menegaskan bahwa akhirat itu lebih baik dan lebih kekal. Jauh lebih luas lagi dari dunia!

 

“Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa’at di sisi Allah tanpa izin-Nya? Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar.” [Al Baqarah 255]

 

Maha Besar Allah Tuhan Pencipta Alam!

Maka bertasbihlah kepada Allah!


 

Link address :

http://jhonwelis.blogspot.com/2011/04/keajaiban-al-quran-dan-ilmu-pengetahuan.html

http://obengplus.com/articles/3229/1/Gunung-Himalaya-terbentuk-karena-benturan-dari-India.html#.VhIBz32zXIV

http://www.kembangpete.com/2014/10/28/bagaimana-pegunungan-himalaya-terbentuk/

http://serpihanfb.mywapblog.com/astronomi-bag-1-matahari-hanya-seujung-j.xhtml

Penyunting :

Raja Copas Abu Jihad Muhammad al-Indunisiy
Category: Pendidikan
Email Autoresponder indonesia
author
No Response

Leave a reply "Al Qur’an : Tentang Seberapa Besarkah Bumi Kita ?"