Rokok Elektrik Tetap Mengandung Nikotin

0 605
banner 468x60
banner 160x600

rokok-elektrikBandung,BCT.-Rokok elektrik yang saat sedang di gandrungi oleh sebagian masyarakat di tanah air, ternyata bukanlah solusi yang tepat untuk menghindari bahaya nikotin yang terdapat pada rokok yang sudah banyak beredar sebelumnya. Pasalnya, rokok elektrik pun memiliki bahan dasar yang sama, yaitu Nikotin. Namun, meski telah beredar luas di pasaran, Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) tidak mencatat adanya produk rokok elektrik ini.

Menurut Djiwa Margono, dalam seminar "Keluarga sehat dan Bugar Pilar Bangsa yang Kuat" di Hotel Grand Flower yang diadakan Badan Kesehatan Olahraga Masyarakat (BKOM) "Pada awal kehadiran rokok di Indonesia ketika zaman penjajahan Belanda malah rokok dianggap obat," kata Kepala Instalasi gawat darurat balai besar kesehatan paru masyarakat.

Dengan anggapan demikian, masyarakat mulai menggandrungi rokok dengan dalih membuat nafas lega. "Ternyata setelah bertahun-tahun racun dari rokok menumpuk di dalam tubuh para perokok," katanya.

Begitu juga dengan rokok elektrik yang dianggap lebih kecil dampak nikotinnya di bandingkan rokok linting yang bahan bakunya dari cengkeh dan tembkau. "Namun ternyata bahan kimia untuk rokok elektrik tetap mengandung bahan nikotin sehingga tetap saja berbahaya," ujarnya.

Apalagi rokok elektrik belum memiliki izin edar maupun izin produk dari BPOM sehingga diragukan produknya. "Tidak ada website atau situs dari rokok elektrik tersebut. Ketika saya teliti kandungan kimianya ternyata mengandung bahan nikotin layaknya rokok pada umumnya," ujarnya. (Rd)

Category: Lifestyle, Pendidikan
Email Autoresponder indonesia
author
Seorang perjaka muda yang penuh dengan ambisi dan memiliki cita-cita menjadi seorang khilafah di muka bumi.
No Response

Leave a reply "Rokok Elektrik Tetap Mengandung Nikotin"