Sifat Petir dan Cara Menghindarinya

1 1572
banner 468x60
banner 160x600

petirBandung, BCT - Petir sudah bukan hal asing bagi kita yang mengalami musim penghujan. Petir terjadi karena ada perbedaan potensial antara awan dan bumi atau dengan awan lainnya. Proses terjadinya muatan pada awan karena dia bergerak terus menerus secara teratur, dan selama pergerakannya dia akan berinteraksi dengan awan lainnya sehingga muatan negatif akan berkumpul pada salah satu sisi (atas atau bawah), sedangkan muatan positif berkumpul pada sisi sebaliknya. Jika perbedaan potensial antara awan dan bumi cukup besar, maka akan terjadi pembuangan muatan negatif (elektron) dari awan ke bumi atau sebaliknya untuk mencapai kesetimbangan. Pada proses pembuangan muatan ini, media yang dilalui elektron adalah udara. Pada saat elektron mampu menembus ambang batas isolasi udara inilah terjadi ledakan suara.

Kasus orang yang tersambar petir sudah sering terjadi, bahkan akhir-akhir ini banyak orang mengatakan bahwa bermain gadget ketika hujan bisa menyebabkan tersambar petir walaupun sudah berada di ruangan. Namun meskipun demikian, hal tersebut masih dalam kajian yang lebih medalam oleh para ahli terkait.

Namun, kita bisa meminimalisir kejadian yang tidak di inginkan itu menimpa kepada kita atau pun sanak keluarga kita. Petir pada dasar memiliki sifat menyambar benda tertinggi di suatu area atau Lebih mungkin menyambar benda yang terbuat dari logam, atau paling tidak yang bermuatan.

Salah satu langkah tercepat untuk menghindari petir ialah masuk kedalam gedung yang berada di sekitar anda, dengan demikian kecil kemungkinan anda akan tersambar petir.

Bila anda berada di alam bebas yang sedikit bangunan :

  • Bila anda berada dalam bangunan namun tak ada bangunan lain di sekitar anda, maka jauhi jendela, pintu, dan tempat lain dimana air bisa masuk.
  • Gunakan alas kaki dari karet dan pakaian yang kering, terutama bila anda berada di luar ruangan.
  • Hindari keluar rumah saat petir menyambar dengan hebat.
  • Sebaiknya tunda mandi anda sementara.]
  • Cabut kabel TV dan peralatan elektronik lainnya dari stop kontak, mematikannya saja tidak cukup.
  • Jangan berdiri bergerombol bila anda sedang berada di luar ruangan, matikan HP, Ipod , dan gadget elektronik lainnya.
  • Bila anda sedang berjalan di area terbuka (sedang tracking misalnya), segera berhenti. Duduklah di atas tas anda, peluk lutut anda dan bungkukkan badan. Usahakan tidak menyentuh tanah.
  • Jangan terlalu dekat dengan pohon, namun jangan terlalu jauh. Buat jarak kira-kira 1/2 tinggi pohon, jarak yang ideal untuk mengalihkan petir mengenai pohon namun tidak merambat ke tubuh anda.
  • Jika ada korban yang terkena sambaran petir, tangani dengan hati-hati dan jangan dibawa bersama barang yang bermuatan listrik agar tidak kembali disambar petir. (Rd)
Category: Pendidikan, PeristiwaTags:
Email Autoresponder indonesia
author
Seorang perjaka muda yang penuh dengan ambisi dan memiliki cita-cita menjadi seorang khilafah di muka bumi.
One Response
  1. author

    how to regrow hair9 months ago

    This actually answered my drawback, thank you!

    Reply

Leave a reply "Sifat Petir dan Cara Menghindarinya"