Busi Panas Atau Dingin ?

0 433
banner 468x60
banner 160x600
busi

Sumber : Otorider.net

Bandung, BCT - Kendaraan bermotor sudah bukanlah barang langka bagi kita saat ini. Selain sebagai sarana transportasi, kendaraan bermotor khususnya kendaraan roda dua kini menjadi sebuah sarana untuk mengaplikasikan hobi, minat dan bakat.

Namun sayangnya, banyak para riders yang kurang memahami tunggangan kesayangannya itu. Banyak orang membeli onderdil hanya melalu penilaian merk dan efek yang di timbulkannya, namun terkadang para riders  lupa jika pemilihan onderdil semestinya di sesuaikan dengan kondisi dan kegunaan sehari-hari.

Salah satu barang yang sering menjadi bahan perbincangan di kalangan pengguna motor adalah Busi. Tujuan adanya busi dalam hal ini adalah untuk mengalirkan pulsa atau arus tegangan tinggi dari tutup (terminal) busi ke bagian elektroda tengah ke elektroda sisi melewati celah udara dan kemudian berakhir ke masa (ground).

Fungsi busi pada umumnya sama, yakni mengalirkan sumber pengapian. Namun jika kita tidak tepat dalam pemilihan busi sesuai dengan kondisi yang sedang berlangsung resiko mogok pun bisa terjadi kapan saja.

Ada dua tipikal busi yang lazim di gunakan, yakni tipikal busi Panas, dan Dingin

Busi panas berguna disaat musim hujan dikarenakan busi panas mudah memantikan bunga api meskipun dalam keadaan cuaca yang lembab namun apabila di gunakan di saat musim panas perfomance motor akan drop ketika mesin motor sudah panas. (busi jenis ini sangat saya rekomendasikan untuk kondisi seperti saat ini) musim hujan.

Sedangkan untuk busi dingin berguna di saat musim panas di karenakan disaat musim panas, mesin motor jauh lebih mudah di nyalakan dan nyala bunga api nya jauh lebih besar dan fokus. busi jenis ini sangat mantap di gunakan ketika musim panas karena semakin panas mesin motor maka semakin baik dan semakin fokus pula nyala bunga api nya busi jenis ini biasa di gunakan di kalangan balap motor moto gp. coba anda lihat dikala hujan turun pebalap moto gp langsung masuk pit stop selain ganti motor, ban dan businya juga di ganti dan setingan motor nya juga beda.

Fungsinya sama, namun kita harus tetap pintar memilih yang sesuai dengan tipikal kondisi cuaca yang akan kita hadapi pada saat akan menggunakan Kendaraan bermotor roda dua untuk meminimalisir hal2 yang tidak diinginkan. (rd)

Category: LifestyleTags:
Email Autoresponder indonesia
author
Seorang perjaka muda yang penuh dengan ambisi dan memiliki cita-cita menjadi seorang khilafah di muka bumi.
No Response

Leave a reply "Busi Panas Atau Dingin ?"