Penghasilan Pengemis di Bandung 14jt/bulan !! WOW!!

banner 468x60
banner 160x600

IMG_20170228_105406Bandung,BCT.- Kota bandung yang kini menjadi salah satu destinasi wisata menjadi tempat yang nyaman untuk mengemis dan menggelandang. Banyaknya taman dan fasilitas publik yang di bangun oleh pemerintah kota bandung membuat daya tarik tersendiri bagi PMKS . Galuh Karsana selaku bidang rehabilitasi sosial Dinas Sosial dan Penanggulangan Kemiskinan Kota Bandung mengatakan, salah satu pemicu datangnya para gelandangan dan pengemis tersebut dikarenakan masih banyak warga yang "berdonasi" di jalanan.

Galuh mengatakan, menurut hasil liputan eksklusif salah satu media menyatakan bahwa penghasilan pengemis di kota bandung mencapai 14/jt bulan. Galuh pun menambahkan bahwa penghasilan terkecil dari pada mengemis dalam 2 jam adalah 40rb.

Untuk mengelabui petugas, para pelaku kegiatan mengemis tersebut membuat sebuah kelompok yang cukup terorganisir dengan di dampingin oleh koordinatornya.

" jadi mereka mempunyai kelompok untuk mengelabui petugas, dan terorganisir. jadi di setiap perempatan atau lampu merah setiap 2 jam mereka melakukan rolling dengan kelompoknya. sehingga penghasilan mereka pun terus bertambah karena terus berjumpa dengan orang baru " kata galuh saat melakukan pemaparan di Balai Kota bandung 28/02.

Galuh pun mengatakan, salah satu program dinas sosial dalam menyikapi pengemis tersebut adalah dengan cara pembinaan dan pemulangan ke tempat asal. Namun bagi pengemis yang terjaring dengan usia produktif yang ingin mencoba untuk mengubah kehidupannya, dinas sosial kota bandung melakukan pembinaan keahlian dan di berikan modal usaha untuk kedepannya.

" jadi di kita ada pembinaan dan program pemulangan, untuk program pemulangan ini dilakukan jika para pelaku kegiatan mengemis ini sudah tidak ingin di bina jadi kita pulangkan saja " kata galuh.

Adapun modus baru dalam mengesploitasi anak di bawah umur yang kini sedang terjadi adalah penjualan komoditas tertentu seperti Tisu atau suplemen yang di jual oleh anak-anak di perempatan atau di lampu merah. Galuh pun menghimbau agar masyarakat mau sedikit peduli dengan fenomena tersebut dengan cara melaporkan dan mencari tahu siapa kordinator dari para anak-anak tersebut.

" Anak-anak tersebut sudah ada yang yang koordinir tapi entah dmn lokasinya, yang pasti jika ada anak yang menjual komoditi tertentu berjumlah 3-5 orang itu pasti ada koordinatornya, namun jika si anak di tanya pasti dia tidak akan jawab karena anak tersebut di bawah tekanan dari koordinatornya. Oleh karenanya jika ada masyarakat yang melihat fenomena tersebut agar sudi untuk mencari tahu siapa dalangnya dan melaporkannya kepada kami " kata galuh.

Terkait dengan masih adanya gelndangan yang berada di sekitaran jalan protokol kota bandung, Galuh mengatakan agar melaporkan kepada dinas sosial jika ada masyarakat yang melihat gelandangan yang berkeliaran di sekitaran jalan protokol kota bandung melalui akun twitter @Dinsos_BDG.

Menurut galuh, salah satu pencegahan agar tidak dimanfaatkan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab adalah dengan menempelkan gelang yang beridentitas bagi balita dan manula. Sehingga eksploitas anak di bawah umur bisa di tekan dan apabila ada manula yang sudah pikun lalu tersesat bisa menghubungi alamat yang tertera pada gelang identitas tersebut.

Galuh pun berharap kepada para pengguna jalan di kota bandung agar tidak "berdonasi" di jalanan agar para gelandangan dan pengemis tidak lagi melakukan kegiatan mengemis di sekitaran area kota bandung.

" akan lebih baik jika masyarakat kota bandung mendonasikan hartanya melalui yayasan atau panti-panti yang resmi agar bisa di salurkan kepada warga yang benar-benar membutuhkan bantuan " kata galuh.(rd)

 

 

Category: Pemerintah
Email Autoresponder indonesia
author
Seorang perjaka muda yang penuh dengan ambisi dan memiliki cita-cita menjadi seorang khilafah di muka bumi.
One Response
  1. author

    agus purnomo11 months ago

    Banyak Hal yang harus dilakukan oleh pemkot bandung dalam memerangi masalah kesejahteraan sosial. kita sebagai warga negara juga harus mendukung,dan ikut memerangi masalah kesejahteraan sosial.

    Reply

Leave a reply "Penghasilan Pengemis di Bandung 14jt/bulan !! WOW!!"