Tim Reserse Kriminal Polda Jabar Amankan Pelaku Modus Penipuan SMS Berhadiah

banner 468x60
banner 160x600

penipuan smsBandung,BCT. - Kiriman SMS berupa iming-iming hadiah dari salah satu bank tertentu sudah bukan hal yang aneh bagi kita pengguna ponsel di indonesia. Hal tersebut sering membuat resah para User yang kerap kali merasa terganggu bahkan tertipu.

Tim Reserse Kriminal Polda Jabar telah mengamankan pelaku dan barang bukti para pelaku tindak penipuan melalui sms tersebut. Adalah Zn (21), ED (19), HK (19), MF (32), Nl (18), RP (22), Rn (18), ASP (30), dan DI (17). Seluruhnya diketahui merupakan warga Palembang, Sumatera Selatan. Sejumlah alat untuk melakukan aksi pengiriman sms itu pun turut diamankan seperti Tujuh unit laptop dan ratusan modem Internet yang saat ini tengah diamankan oleh pihak kepeolisian.

Menurut Kombes Pol Samudi, selaku Direktur Reserse Kriminal (Dir Reskrimsus), mengatakan "Dalam sehari pelaku mengirimkan 100 ribu sms dari satu laptop," katanya saat di temui di Markas Polda Jabar, Jalan Soekarno-Hatta, Kota Bandung, Rabu (15/3/2017).

"Mereka dapat nomornya secara acak. Misalkan belakangnya 91 nanti diurut sama mereka. Yang menelepon balik, berarti dia menerima sms itu," kata Samudi.

Para pelaku tersebut melakukan aksinya jika ada salah satu nomor yang ia kirim SMS tersebut menelepon balik, lalu pelaku pun kemudian dipandu untuk mendapatkan uang hadiah dari Bank BRI senilai Rp. 27 juta. Namun, bukannya mendapatkan uang tunai seperti yang dijanjikan sang korban malah di tuntun untuk mengirimkan setengah saldonya kepada rekening pelaku.

"Saat memasukan kode, awalnya korban dituntun untuk mengetikan kode transfer uang ke rekening E-Cash milik pelaku," katanya.

Atas perbuatannya, para pelaku kini sudah ditahan di Mapolda Jabar.Mereka dijerat Pasal 28 ayat (1) Jo Pasal 45 ayat (2) Undang-undang ITE, dan Pasal 378 Jo Pasal 55 ayat (1) KUHPidana. (rd)

Category: Hukrim
Email Autoresponder indonesia
author
Seorang perjaka muda yang penuh dengan ambisi dan memiliki cita-cita menjadi seorang khilafah di muka bumi.
No Response

Leave a reply "Tim Reserse Kriminal Polda Jabar Amankan Pelaku Modus Penipuan SMS Berhadiah"