Marak di Perdagangkan, Sejumlah Aktivis Lakukan Edukasi Mengenai Kukang

banner 468x60
banner 160x600

Bandung,BCT - sebagai wujud dari kepedulian terhadap keseimbangan ekosistem dan pelestarian fauna, salah satu oraganisasi yang berfokus pada hewan primata, yakni indonesian Rainbow memberikan edukasi terbuka dengan tema bertajuk " Cinta Untuk Primata" pada hari sabtu1/4 di taman vanda jalan merdeka no 9 kota bandung.

meski diguyur hujan sejak berjalannya kegiatan tersebut tidak menyurutkan semangat para relawan untuk tetap mensukseskan jalannya acara tersebut. Edukasi terbuka yang dimulai sejak pukur 17.00 - 19.00 itu pun menyita perhatian para pengguna jalan yang melinta di sekitaran jalan merdeka.

akew, sapaan akrab Mochamad Taufik yang merupakan Founder dari Indonesian Rainbow itu pun mengatakan, tujuan utama dari kegiatan edukasi terbuka ini untuk memberikan pengetahuan tentang kondisi ekosistem primata kita yang sedang kritis.

" salah satu indikator hutan yang baik adalah ketika ekosistem flora dan fauna yang terjaga. Jika flora dan fauna bisa berkembang dengan baik maka bisa dikatakan kualitas udara, air dan tumbuhannya pun baik " Kata Akew saat di temui di sela-sela acara oleh tim bandungcitytoday.com.

Salah satu fauna yang kini menjadi perhatian dari Indonesian Rainbow adalah ekosistem dari kukang jawa yang semakin hari jumlahnya semakin menurun di habitat aslinya. Kukang yang merupakan hewan endemik indonesia menjadi salah satu hewan favorit untuk di pelihara.

" Mungkin karena kukang ini kan lamban ya, terus kecil, lucu, dan ga butuh banyak tempat jadi enak untuk di pelihara. selain itu juga ada yang masih mempercayai kalo kukang itu bisa untuk "ngajailan" orang di beberapa daerah, jadi ya motif mereka memburu kukang selain untuk di jual ya di jadikan sesajen juga" tuturnya.

Ia pun menyayangkan karena masih ada beberapa pejabat daerah yang masih memelihara hewa-hewan yang di lindungi hanya untuk kepuasan dan kebanggan semata.

" intinya jangan ada cinta yang salah lah, mungkin pepatah cinta tidak harus memiliki itu berlaku bagi binatang juga ya, karena kalo kita cinta dengan binatang ya lepaskan saja di alam liar ga usah di masukin kandang. Supaya suatu saat jadi kebanggaan kita sebagai rakyat indonesia dan juga bisa di nikmati anak cucu kita " kata akew.

Menurut akew, dalam menjalankan misinya untuk memonitoring kukang jawa, Indonesian Rainbow bekerjasama dengan salah satu organisasi yang memang khusus untuk memonitoring kukang yakni Little Fireface Project. Menurut joshua yang merupakan anggota dari LFP, LFP bergerak menyelamatkan kukang melalui ekologi,pendidikan, dan pemberdayaan mereka pun terjun kelapangan untuk memonitoring dan mencari data tentang kehidupan kukang di habitat aslinya.

Berikut ini adalah video yang menceritakan sekilas tentang kukang jawa yang berhasil di buat oleh Indonesian Rainbow. (Rd)

Sumber Video : https://www.youtube.com/watch?v=A4dzJyOquR0

Category: Lifestyle, Peristiwa
Email Autoresponder indonesia
No Response

Leave a reply "Marak di Perdagangkan, Sejumlah Aktivis Lakukan Edukasi Mengenai Kukang"