Sukses di OLSHOP, Billy: Jiwa Wirausaha itu Dibangun, Bukan Bawaan Lahir

banner 468x60
banner 160x600

Jatinangor,BCT. Fenomena OLSHOP ( online shop ) sudah mewabah dan menjadi penghasilan utama bagi sbagian masyarakat indonesia. Para pelaku kegiatan ini berlomba-lomba untuk menarik para pelanggannya datang ke online store yang dimilikinya.

Ada yang mampu bertahan hingga bertahun-tahun, namun ada pula yang hanya dalam hitungan bulan sudah menyerah karena tidak mampu bersaing dengan kompetitor yang ada. Salah satu cara memasarkan barang dagangan mereka yakni memkasimalkan feature yang telah disediakan oleh publisher sosmed seperti fb ads, line ads, instagram ads dan sosial media lainnya.

Salah satu pelaku online shop yang mampu bertahan dengan ketatnya persaingan di dunia OLSHOP adalah BIDISHOP. BIDISHOP yang di dirikan oleh Bily abadinur hanya sebagian kecil pelaku OLSHOP yang ada di sekitar kota bandung. Namun jangkauan produknya patut di perhitungkan, mengingat ia sudah mensuplay beberapa toko besar di mal-mal yang ada di kota bandung.

Billy mengatakan, awal mula ia mencoba berbisnis online karena ingin meringankan beban orang tuanya untuk membiayai kuliah. Pria lulusan Teknik Pertanian ini pun mengatakan bahwa ia ada peluang yg cukup besar di dunia bisnis marketing.

" sebelum bikin bidisop sih dulu emang suka bisnis kecil-kecilan kaya buka jasa instal ulang sampe jualan gorengan juga pernah. Tapi untuk sekarang di bidishop kita lebih ke gadget dan aksesorinya ya, kita juga udh kerjasama dengan salah satu importir yang dengan merek dagang tertentu " kata billy saat ditemui beberapa waktu kemarin.

Pria berusia 24 tahun ini mengatakan, dalam mengembangkan bisnis onlinenya ini di develope oleh dirinya seorang diri dengan mengandalkan forum kaskus hingga saat ini menggunakan fitur ads yang disediakan oleh sosial media yang ada saat ini.

" pernah jualan di kaskus juga sebelum coba ke fitur ads yang ada di sosmed. Tapi ketika pakai fitur ads ada perubahan yang cukup drastis ya, karena online store kita kan di promosikan oleh pihak pemegang sosmed ke seluruh pengguna applikasi tersebut, jadi lebih effektif ketimbang harus masuk ke forum-forum " ungkapnya.

Billy pun mengungkapkan, dirinya kerap harus bersaing dengan kompetitor baik dari segi harga, maupun kualitas dagangannya. " pernah sampe maenin harga, tapi lama-lama mulai mikir kalo maen harga pasti ga akan ada abisnya dan akan selalu ada yang lebih murah. Jadi untuk sekarang sih kita lebih ke pelayanan dan kualitas barang aja " kata billy.

Dalam sebulan BIDISHOP mampu meraup omset hhingga jutaan rupiah, hal tersebut dikarenakan BIDISHOP sudah mensuplay beberapa produknya ke toko-toko yang ada di kota bandung.

Ketika ditanyakan modal awal dalam membangun OLSHOPnya, billy mengatakan hanya menanamkan mindset dan memunculkan jiwa wirausaha yang ada dalam dirinya.

Namun di balik keberhasilannya dalam mengolah olshopnya, ia pun mengatakan sudah beberapa kali hampir tertipu ketika proses transaksi.

" jadi dulu pernah kita di tunjukin resi pembayaran, tpi pas di liat jumlah yang di transfer dan jumlah kita terima itu gak sesuai. Dan ternyata si resinya itu di edit pakai applikasi photoshop " tuturnya.

Billy pun menyarankan kepada para pelaku olshop agar mempunyai akun e-banking guna mencegah modus penipuan yang pernah menimpa dirinya.(rd)

Category: Ekbis, LifestyleTags:
Email Autoresponder indonesia
author
Seorang perjaka muda yang penuh dengan ambisi dan memiliki cita-cita menjadi seorang khilafah di muka bumi.
No Response

Leave a reply "Sukses di OLSHOP, Billy: Jiwa Wirausaha itu Dibangun, Bukan Bawaan Lahir"