ISTIMEWA

0 381
ISTIMEWA,5 / 5 ( 1votes )
banner 468x60
banner 160x600
BCT-Bandung
Oleh: Fika Fitria Syahroni
Baik dibalas baik : ini adalah orang baik
Buruk dibalas baik: ini adalah orang berkualitas
Berbuat baik kepada orang yang berbuat buruk: ini adalah orang yang istimewa
~Aa Gym
Sore itu, aku kembali membuka buku catatanku. Aku mencoba membaca-baca kembali apa yang tertulis disana. Aku buka lembar demi lembar buku catatanku. Dan, akhirnya aku menemukan kata-kata penuh makna. Kata-kata itu aku dengar waktu subuh, entah subuh yang mana. Kata-kata dari Aa Gym, seorang ustadz yang ku kenal berhasil memikat jutaan jamaah dengan metode manajemen Qalbunya. Dari kata-kata Aa, ada yang membuatku tertarik. Tepat dikata, “ISTIMEWA”. Seolah-olah hatiku tergerak untuk menyelami kata itu. Seolah-olah aku menemukan hal berharga, ibarat mutiara yang tersimpan di dalam lautan. Lalu aku berenang, dan rela menyelami lautan itu sehingga aku dapatkan mutiara itu. oh, bahagianya. Haru hati ini, tak terasa deraian air mataku menetes deras. Ini bukan kebetulan, pasti ada maksud dibalik semua ini. Pasti ada maksud, mengapa Allah menghendaki aku membaca kata ini. Bisa jadi, ini adalah jawaban dari permasalahan yang tengah menyesakkan dada ku  kala itu.
Permasalahan yang memaksa ku untuk diam seribu bahasa. Kebingungan tanpa ujung sepekan lamanya. Tak dianggap oleh kawan. Dibedakan, entah  siapa yang salah? Aku kah atau  mereka? Aku coba klarifikasi, namun hasilnya nihil. Aku tak direspon. Prasangkaku  masih belu m mendapat jawaban. Allah, apa yang harus aku  lakukan? Bukakanlah pintu-Mu untuk aku bisa mencari jalan keluar. Sehingga pada akhirnya, aku menemukan kata ini. Jujur, aku ingin menjadi orang yang istimewa. Aku ingin, aku ingin menjadi hamba-Mu yang istimewa. Meskipun, realitannya aku belum mampu mencapai derajat itu. Aku ingin berusaha.
Aku sadar, aku salah. Aku berdosa, karena telah membalas perbuatan buruk dengan perbuatan buruk. Seharusnya aku bersabar. Kalau aku ingin menjadi orang yang istimewa, seharusnya aku  membalasnya dengan kebaikan. Karena pada hakikatnya, kebaikan akan dibalas Allah dengan kebaikan pula. Dalam Firman-Nya dalam QS. Rahman ayat 30.
هَلْ جَزَاءُ الإحْسَانِ إِلا الإحْسَانُ (٦٠)
60. tidak ada Balasan kebaikan kecuali kebaikan (pula).
Bahkan ada sebuah hadis, bahwa ada perempuan pelacur masuk syurga dikarenakan memberi minum seekor anjing.
Dan teringat pula dari perkataan Aa, bahwa sifat yang baik tidak akan dianugerahkan kecuali pada orang yang berbuat baik. Allah menjelaskan dalam surat Fussilat ayat 34-36 yang artinya:
34. dan tidaklah sama kebaikan dan kejahatan. Tolaklah (kejahatan itu) dengan cara yang lebih baik, Maka tiba-tiba orang yang antaramu dan antara Dia ada permusuhan seolah-olah telah menjadi teman yang sangat setia. 35. sifat-sifat yang baik itu tidak dianugerahkan melainkan kepada orang-orang yang sabar dan tidak dianugerahkan melainkan kepada orang-orang yang mempunyai Keuntungan yang besar. 36. dan jika syetan mengganggumu dengan suatu gangguan, Maka mohonlah perlindungan kepada Allah. Sesungguhnya Dia-lah yang Maha mendengar lagi Maha mengetahui.
Tolaklah kejahatan itu dengan cara yang lebih baik, sehingga orang yang ada permusuhan denganmu tiba-tiba seolah menjadi teman setia. Begitu mengagumkan jika ada orang yang seperti ini. Ia pasti orang yang istimewa. Yang bersabar dalam berbuat baik meskipun diperlakukan  buruk. Ia ibarat penyihir yang mampu merubah kegersangan menjadi kesuburan. Maha Suci Allah, sebuah keuntungan besar yang dianugerahkan oleh-Nya. Ia orang istimewa. Kesabaran menghiasi dirinya dan syurga pun merindukannya. Oh, Allah.. golongkanlah aku menjadi seperti dia. Orang yang istimewa untuk-Mu.
Category: Uncategorized
Email Autoresponder indonesia
author
No Response

Leave a reply "ISTIMEWA"