Arus Mudik Menjelang Lebaran Sangat Lengang

0 348
banner 468x60
banner 160x600

BCT-Bandung
Dari hasil pantawan arus mudik yang di lakukan gubernur Jawa Barat Ahmad Heriawan di posko terpadu Dinas perhubungan (dishub) Jawa barat di wilayah tol cikopo samapi H - 2 lebaran masih terpantau sepi.

Aher sapaan Ahmad Heriawan memaparkan hasil pantawannya kepada wartawan, bahwa sampai H -2 arus mudik yang melintas jawa barat terhitung masih kosong beberapa ruas jalan tol seperti cikampek menuju arah selatan masih terhitung lancar.

Dia mengatakan bahwa mudik tahun ini terbilang lancar, keudian penyelesaiyan maslah di lapanagn masih teratur, managemen juga sanagt bagus.

"Di masa jabatan saya yang ke 10 tahun, ngurus-ngurus mudik ini palng lancar mudah-mudah bisa si pertahankan terus sehingga mudik itu tidak menjadi menakutkan karena kemacetan dan lain-lainnya,"terang nya.

Lanjut dia, kemacetan memang terjadi namum cepat teruraikan secara baik sehingga tidak terjadi kemacetan yang parah, justru sekarang biasanya ada puncak mudik tapi saat ini sampai hari ini yang di perediksi akan terjadi arus mudik malah terlihat biasa-biasa saja.

"Secara psikologis juga bagus karena tidak ada lagi hari yang di keramatkan atau di sakralkan menjadi puncak arus mudik, karena sudah di anjurkan sejak jauh hari kalo yang sudah berkesempatan mudik maka di anjurkan untuk mudik tidak harus menunggu puncak mudik,"jelasnya.

Dengan penambahan beberapa inprastuktur seperti tol cipali dan armada angkutan umum seperti kerta dan bus yang di buat senyaman mungkin untuk pemudik sehingga banyak pemudik yang memilih menggunakan kendara umum.

Hal tersebut seperti yang di ungkapkan oleh kepala dinas perhubungan provinsi Jawa Barat Dedi taufik bahwa saat ini kendaraan yang masuk ke jawa barat roda 2 maupun roda 4 melalui jalur pantura, tengah dan selatan sekitar dua juta delapan ratus jika di bandingkan dengan tahun lalu yang mencapai 6 juta kendaraan yang melintasi jawa barat untuk tujuan ke jawa tengah dan jawa timur dan bali. Kemudian hasil Litbang Kementrian Perhubungan itu 6 setengah juta yang akan melintas. Ini terpecah juga roda2, roda4, kereta api maupun udara.

"Alhamdulillah sekarang ini memang ada penurunan menggunakan R4 beralih ke kereta api. Tetapi ada juga di udara. Dan ada peningkatan juga di R2 berdasarkan data yang tadi dikatakan H-7 sampai sekarang H-2 ini puktuasi. 5-10% tapi kita akan melihat sampai nanti setelah lebaran ini. Yang penting kan sekarang kesiapan kami di jalur-jalur pantura tengah dan selatan,"jelasnya.

Lanjut dia, Kita siap di lapangan, lalu tidak terjadi kemacetan yang total, dan masih bisa diatasi. Jadi masih berputar rodanya terkait antrian dan sekitarnya.
Manajemen rekayasa lalulintas atau manajemen lalulintasnya ini baik.

"Jadi cara pengaturannya, mulai getol, ada juga perubahan perilaku dari masyarakat sendiri yang tidak di akhir. Yang sekarang h-3 pada puncaknya, tidak ada istilah seperti itu," jelasnya

Lalu tidak ada rekayasa-rekayasa lain di Nagrek, di Limbangan yang digunakam sekian jam sekali buka tutup dan lain sebagainya. Itu yang dilakukan, berarti manajemennya semuanya betul-betul kesiapannya. Seperti sekarang untuk montir gendong ada, terus dokter atau kesehatan, mobile juga ada. Lalu kaitan dengan partamina mobile juga ada.

"Kesehatan itu jadi sudah diantisipasi. Apabila di jalan tol ini habis bensin atau apa, itu bisa masuk. Itulah salah satu menejemen yang dilakukan,"tambahnya.

Pergerakan Cipali sekarang ini baik dengan keberadaan ini, lancar sampai dengan Palimanan, lalu sampai dengan Pejagan dan pleksit Mungkin nanti pemberlakuan pleksit ini yang mungkin nanti akan kita koordinasikan terutama dari Pleksit ke Kaligangsa. Karena belum secara fungsional. Hanya digunakan dua lajur saja. Tapi di malam hari akan dievaluasi.

" Kami melihat data yang ada h-7 itu sudah ada pergerakan, 128 ribu kendaraan yang masuk tol Cipali. Jadi ada peningkatan sekitar 35 persen,"tutupnya.

 

Category: Peristiwa
Email Autoresponder indonesia
author
No Response

Leave a reply "Arus Mudik Menjelang Lebaran Sangat Lengang"