Seminar Nasional Akuntansi dan Bisnis (SNAB-2) 2017

0 260
banner 468x60
banner 160x600
BCT-Bandung
Seminar Nasional Akuntansi dan Bisnis (SNAB-2) 2017
“Profesionalisme Akuntan Menuju Sustainability Business Practice”
Kamis (20/7) Fakultas Ekonomi bekerjasama dengan Ikatan Akuntansi Indonesia, regional Jawa Barat menyelenggarakan Seminar Nasional Akuntansi dan Bisnis (SNAB-2) 2017, bertempat di Gedung Serbaguna Universitas Widyatama. Tepat pukul 08.30 pagi kegiatan dimulai dengan laporan dari Ketua Pelaksana Dr. R. Wedi Rusmawan K. S.E., M.Si., Ak., CA. Seminar secara resmi dibuka ditandai dengan Sambutan dari Rektor Universitas Widyatama Dr. Islahuzzaman., S.E., M.Si., Ak., CA dilanjutkan dengan pemukulan gong oleh Rektor.
SNAB 2 Widyatama 2017 kali ini menghadirkan keynote speaker speech, yakni Menristekdikti dalam hal ini diwakili oleh Bapak Prof. Dr. Bunyamin Maftuh, M.Pd., M.A (Dir Karier dan Kompetensi SDM IPTEK DIKTI). Turut hadir pula Bapak Dr. H. Mohammad Solihin, M.Si (Asisten Administrasi Sekda Provinsi Jawa Barat) dan Bupati Kota Garut diwakili oleh Asisten Daerah I Kabupaten Garut yang menandatangani MOA antara Pemda Garut dengan Universitas Widyatama meliputi studi lanjut karyawan Pemda Garut di Sekolah Pascasarjana Universitas Widyatama dan Pengabdian Kepada Masyarakat dalam hal pembinaan aparatur Desa tentang Keuangan dan Aset Desa.
Dalam sesi Panel turut hadir beberapa pembicara yakni Ibu Prof. Dr. Nunuy Nur Afiah, S.E., M.Si., Ak., CA Selaku Ketua IAI Jawa Barat , Bapak Nicky Hogan sebagai Direktur Pengembangan Bursa Efek Indonesia (BEI), Perwakilan Otoritas Jasa Keuangan dan Bapak Irwan Mardelis sebagai Public Affair and Relation dari PTTEP Malunda Limited PSC Company.
Tercatat Pemakalah yang diterima dari 33 Perguruan Tinggi, 13 kota dan 12 Provinsi diantaranya sebanyak 110 Pemakalah hasil seleksi dari 120 calon pemakalah dari Target pemakalah 100 serta 40 Peserta Non pemakalah.
Dilanjutkan dengan Sesi Focus Group Discussion, Topik yang diangkat “penyusunan Kurikulum berbasis KKNI” dengan perserta dari para Kepala Program Studi Akuntansi se-Indonesia, dengan Pembicara dari Belmawa, IAI KAPd, dan Praktisi.
Peran Akuntan sebagai bagian integral dalam pengelolaan bisnis yang profesional banyak mengalami perkembangan seiring dengan perkembangan bisnis itu sendiri. Seminar nasional ini diselenggarakan berkaitan program kerja Fakultas Ekonomi Universitas Widyatama (UTama). Seminar ini mengambil tema “Profesionalisme Akuntan Menuju Sustainability business practice”.
Tujuan diselenggarakannya seminar nasional ini di diharapkan dapat memberikan kontribusi dan manfaat baik dalam pengembangan ilmu pengetahuan, maupun untuk para pelaku bisnis dalam pengelolaan kegiatan usahanya, selain itu juga tuntutan akan profesi akuntan khususnya untuk terus berkembang dalam aspek profesionalisme, terus berpacu dengan waktu dan keadaan untuk dapat mempersiapkan diri menuju era globalisasi serta praktik bisnis yang berkelanjutan.
“SNAB 2017 menjadi ajang jejaring kerjasama antara universitas dengan institusi pemerintah dan swasta, brainstorming Perguruan Tinggi dengan dunia praktek baik institusi pemerintah dan swasta yang secara tidak langsung meningkatkan citra positif Perguruan Tinggi”, tutur Wedi pada sela wawancara.
Penyelenggaran seminar nasional ini merupakan event tahunan baik skala nasional maupun internasional guna menciptakan atmosfir akademik yang berkelanjutan selain semakin memperkokoh eksistensi UTama di mata publik.
Category: Pendidikan, Peristiwa, Unik
Email Autoresponder indonesia
author
No Response

Leave a reply "Seminar Nasional Akuntansi dan Bisnis (SNAB-2) 2017"