DPKP3 Terus Berupaya Menambah Ruang Terbuka Hijau (RTH) di Kota Bandung

banner 468x60
banner 160x600
BCT- Bandung Dinas Perumahan Kawasan Permukiman Prasarana, Sarana Utilitas Pertanahan dan Pertamanan (DPKP3) Kota Bandung, terus berupaya menambah Ruang Terbuka Hijau (RTH) di Kota Bandung.
Kepala DPKP3, Kota Bandung, Arief Prasetya mengatakan, hingga November 2017, RTH Kota Bandung baru mencapai 12,14 persen dari 30 persen luas wilayah yang diwajibkan.
Arief menjelaskan, berdasarkan undang-undang 30 persen suatu wilayah harus menjadi RTH meliputi, 10 persen milik pribadi dan 20 persen untuk publik.
"Saat ini RTH paling banyak di Kota Bandung berada di kawasan Bandung Utara. Mudah-mudahan tahun depan bisa terealisasi secara merata," ucap Arief saat di temui di Tamansari, Kota Bandung, Senin (6/11).
Lebih lanjut Arief menyebut, untuk mencapai RTH sesuai peraturan pihaknya sudah melakukan berbagai cara. Salah satunya ialah menata lingkungan permukiman yang dinilai tidak memiliki ruang publik.
"Penataan permukiman yang paling kami sorot," jelas Arief.
Arief menyebut, dalam berbagai kesempatan pihaknya juga sering mengimbau kepada warga atau pengusaha yang melakukan pembagunan untuk menyediakan RTH. Sebab, Arief mengakui, pesatnya pembangunan kawasan komersil di Kota Bandung belum maksimal dalam hal menyediakan RTH.
"Sekarang banyak warga dan pengusaha mulai sadar, akan penting pembangunan RTH," terang Arief.
Di mencontohkan, setiap komplek perumahan sudah menyediakan RTH atau taman, walaupun ukurannya tidak besar. Termasuk Taman Asia Afrika di Jalan Ibrahim Adjie, yang baru di bangun.
"Pembangunan RTH ini harus terus disosialisasikan,"katanya.
Arief melanjutkan, pembagunan di Kota Bandung masih jauh dengan ketersediaan RTH. Namun, pihaknya tetap mengajak warga dan pengusaha untuk mematuhi aturan dalam hal menyediakan RTH.
"Dalam aturannya 60 persen pembagunan maka 40 persen-nya sudah ada RTH," tutupnya.
Category: Budpar, Lifestyle, Peristiwa
Email Autoresponder indonesia
author
No Response

Leave a reply "DPKP3 Terus Berupaya Menambah Ruang Terbuka Hijau (RTH) di Kota Bandung"