Solihin : Kesehatan, Ekonomi, Dan Pendidikan Hal Utama Dalam Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat

banner 468x60
banner 160x600

BCT-Bandung Penjabat Wali Kota Bandung, Muhamad Solihin menegaskan, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung terus berupaya mendorongan agar kesejahteraan masyarakat terus meningkat. Peningkatan kesejahteraan ditandai adanya peningkatan ekonomi, pendidikan maupun kesehatan.
Khususnya untuk perekonomian, Pemkot Bandung berupaya mengatasinya melalui keterampilan, pelatihan dan bantuan modal usaha khususnya terhadap kaum perempuan.
"Hal ini dilakukan agar terus mendorong peningkatan produktivitas menuju kemandirian dalam memenuhi kebutuhan hidupnya," ujarnya ketika menerima tim Verifikasi Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat dan Sejahtera (P2WKSS) di kantor Kelurahan Cibaduyut Kecamatan Bojongloa Kidul, Rabu (14/3/2018).
Menurut Solihin, perkembangan P2WKSS semakin baik. Program terpadu peningkatan peranan wanita telah memberikan kontribusi besar bagi percepatan kualitas hidup perempuan melalui kegiatan penyuluhan, keterampilan, kegiatan sosial dan pembangunan fisik lainnya.
"Tentunya ini harus kita dukung terus, terlebih program ini melibatkan tim penggerak PKK di semua tingkatan yang tentunya menguatkan potensi berbagai pihak untuk menuntaskan kemiskinan," ujarnya.
Solihin berharap, pelaksanaan program P2WKSS tahun 2018 bisa lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya, lebih tepat guna dan tepat sasaran serta mampu menjadi motivator bago perubahan pola pikir yang lebih baik di masyarakat.
Selain itu, dirinya pun berharap, Kelurahan Cibaduyut mendapatkan prestasi di tahun 2018 untuk program P2WKSS.
"Tahun lalu, penghargaan Pemerintah Provinsi Jawa Barat diberikan kepada kelurahan Kopo yang masuk peringkat ketiga. Itu menjadi  salah satu hasil pemberdayaan perempuan. Maka kali ini saya harap untuk Kelurahan Cibaduyut pun bisa mendapatkan prestasi yang lebih baik lagi," kata Solihin.
Mewakili Kota Bandung di lomba Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat dan Sejahtera (P2WKSS) Provinsi Jawa Barat tahun 2018, Kelurahan Cibaduyut Kecamatan Bojongloa Kidul diverifikasi. Sejumlah komponen yang menjadi penilaian didatangi oleh tim P2WKSS, Rabu (14/3/2018).
Beberapa komponen yang ditinjau di antaranya dukungan sumberdaya manusia yang ada di wilayah tersebut. Selanjutnya setelah dilakukan verifikasi, kelurahan pun mulai membangun fisik maupun non fisik di lokasi binaan yaitu RW 03 dalam waktu 8 bulan, sehingga sekitar bulan Oktober, tim verifikasi akan kembali meninjau sekaligus menilai hasil yang telah dilaksanakan.
Sementara itu, Kepala Seksi Pemberdayaan Hukum Politik dan Sosial Perempuan (DP3AKB) Jawa Barat, Sekaligus Perwakilan Tim P2WKSS, Sursilah Yani Yulianingsih menyampaikan, mengacu pada rencana pembangunan baik jangka pendek, menengah maupun jangka panjang, untuk meningkatkan kualitas hidup perempuan maka diperlukan koordinasi mulai dari perencanaan sampai dengan evaluasi. Hal tersebut menunjukkan bahwa pemerintah secara tegas memberikan perhatian khusus kepada perempuan serta ikut berperan aktif dalam pembangunan.
Ditambahkan Yani, tujuan kegiatan P2WKSS selain meningkatkan kualitas hidup perempuan, juga untuk mensinergikan kegiatan pengentasan kemiskinan secara terpadu, terarah dan terintegrasi.
"Maka dengan meninjau lokasi lokasi di kelurahan yang akan dibina untuk kemampuan kualitas sumber daya manusia dan peningkatan kualitas hidup menyangkut kesehatan, pendidikan dan ekonomi," ujarnya.
Selain itu, pembangunan fisik maupun non fisik juga diperlukan. Seperti pembangunan rumah tinggal layak huni, pembangunan MCK, pembangunan jalan dan penerangan.
"Hal tersebut termasuk penting, karena dengan wilayah yang nyaman maka masyarakat pun akan terus mendukung apa yang kita laksanakan,"katanya.
Yani berharap, kegiatan P2WKSS dapat lebih intensif serta memberikan pelayanan yang baik untuk masyarakat

Category: Lifestyle, Opini, Pemerintah, Pendidikan, Peristiwa, Politik
Email Autoresponder indonesia
author
No Response

Leave a reply "Solihin : Kesehatan, Ekonomi, Dan Pendidikan Hal Utama Dalam Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat"