Jelang Pilpres 2019 Masa Mengambang Masih Tinggi

0 48
banner 468x60
banner 160x600

BCT – Menjelang Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 ini Cakrawala Indonesia telah melaksanakan survey terkait Elektabilitas Calon Presiden RI Periode 2019-2024 terhadap kedua Capres Jokowi – Maruf dan Prabowo Subianto - Sandi. Namun dari survei itu diketahui pula bahwa responden yang belum menentukan pilihan terbilang tinggi yaitu mencapai angka 46, 67%.

Adapun hasil survei itu pasangan Capres Joko Widodo (Jokowi)-Ma’ruf Amin memperoleh 30,17 % suara, dan pasangan Capres Prabowo Subianto-Sandiaga Uno memperoleh 23 % suara, demikian hasil survey yang dirilis Jumat (5/4/2019) kepada pers tentang Survey Dapil Jabar 1 dan Diskusi Perilaku Golput dalam Dinamika Demokrasi, di Gedung Unpad Training Centre (UTC) Jalan Ir. H. Djuanda Bandung.

Direktur Cakrawala Indonesia Nugroho Adinegoro mengatakan, Pada survey ini responden ditanya jika Pemilu dilaksanakan pada hari ini, capres manakah yang akan mereka pilih. Untuk pertanyaan ini responden dibantu langsung oleh contoh specimen surat.

“Dari hasil survey diketahui prosentase terbesar Capres meski suara tertinggi masih berada di masyarakat yang berstatus undecided voters,” katanya.

Survey dilaksanakan di daerah pemilihan Jawa Barat 1 yang meliputi Kota Bandung dan Kota Cimahi, pada rentang Februari-Maret 2019. Wilayah ini dipilih karena Kota Bandung dan Kota Cimahi dikenal sebagai daerah metropolitan perkotaan dimana arus informasi berbasiskan teknologi cukup mudah didapat, sehingga bisa dikatakan wilayah ini termasuk wilayah yang “melek informasi”.

Masyarakatnya dinilai terdidik dan menjadi cerminan pemilih rasional, selain itu di daerah ini cukup banyak caleg yang berlatar belakang artis. Sehingga diharapkan dari penelitian ini bisa didapatkan data mengenai kecenderungan rasionalitas pemilih, dampak media informasi, serta dampak populisme politik.

Sementara itu, Akademisi Ilmu Politik FISIP Universitas Padjadjaran Dr. Yusa Djuyandi, S.IP, M.Si., menyebutkan, masa mengambang di Pilpres 2019 masih tergolong cukup besar dengan berbagai alasan.

“Namun, bisa jadi akan ada salip menyalip suara pada saat-saat terakhir waktu menjelang pencoblosan,” tutur Yusa.

Diungkap lebih lanjut, undecided voters (masa mengambang atau pemilih yang ragu-ragu) di kota Bandung dan Cimahi muncul karena jumlah pemilih intelektualnya masih tinggi.

“Nantinya mereka akan melihat program kerja apa yang akan ditawarkan, dan blunder politik yang mungkin dilakukan pasangan Capres dan Cawapres,” tutupnya.

Category: PolitikTags:
Email Autoresponder indonesia
author
No Response

Leave a reply "Jelang Pilpres 2019 Masa Mengambang Masih Tinggi"