Ajang Lomba Kompetensi Siswa SMK Hasilkan 10 Finalis

banner 468x60
banner 160x600

BCT- Ajang Lomba Kompetensi Siswa (LKS) Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Tingkat Nasional 2019 ajang bergengsi kesiapan Sekolah Menengah Kejuruan menyongsong revolusi Industri 4.O menghasilkan 10 finalis. Kegiatan itu diselenggarakan di Jogja Expo Center Jogjakarta mulai 7 - 13 Juli 2019.

Tercatat ada 10 finalis LKS bidang Marketing Online itu adalah adalah siswa jurusan penjualan Maesyaroh- DKI, Lentera- NTB, Muhlis- Jabar, Lukas - Lampung, Muti - DIY, Edeline - Kalbar, Stevan - Riau, Syarah - Banten, Tadjuddin- Sumsel, dan Herru – Sumbar dari 32 jenis bidang lomba. menyongsong revolusi Industri 4.O .

Di bidang Lomba Marketing Online lima juri lomba antusias menilai sekaligus menyemangati dan memberikan tantangan "mendadak" bagi 10 finalis lomba. Adapun 5 juri tersebut adalah Dedy Budiman, Mpd (CEO Derap Dynamis & founder Komunitas Sales Indonesia yang disingkat dengan KOMISI), Sekar Tyas Nareswari, S.E (Head of Operations ACE Hartono Mall Jogja & Ketua KOMISI Jogja), Wira Utama Jati, ST MM dosen Manajemen Universitas Tarumanegara dan konsultan marketing, Yusak Kristian Solaeman, direktur PT Astra Otoparts serta Ahmad Madani (Jakarta Sales Academy & Agmari - Asosiasi Guru Marketing Indonesia)

"Marketing itu selalu berubah setiap waktu, jadi kalian kami beri tantangan lagi dengan tugas membuat video sebanyak-banyaknya, leaflet yang lebih menarik dan promo produk Astra Otoshop di hari ke 2 lomba yang diupload online dan diterapkan di stand kalian. Kami langsung berikan insentif cash setiap penjualan dan akan ada uang cash untuk 3 tercepat dan terbanyak. Kapan dikerjakannya? Malam ini bahkan sampai jam 2 pagi pun musti siap mental, tidak boleh dibantu guru pengampu", kata Dedy Budiman di briefing evaluasi hari pertama.

Sementara Yusak menyebutkan, tanpa mereka sangka, produk lokal jualan yang dibawa oleh masing- masing kontestan ludes terjual di hari pertama saja sehingga dalam waktu yang tersisa 2 hari, diuji untuk menjual produk yang tidak sekedar mereka sukai dan ketahui, namun benar benar produk baru bagi mereka. Disitulah letak tantangannya. Bagaimana tidak, mereka diminta membuat agar pengunjung stand mau membeli online produk dengan masuk ke web astraotoshop.com dan membayar produk yang tertera di web itu.

"Setelah diberikan tip dan trik oleh para juri, kemampuan mereka dalam setengah hari saja berhasil menjual ratusan produk berupa oli, ban, bahkan aki mobil truk baik dengan penawaran via online maupun offline", terang Yusak.

Pada kesempatan itu juga, Sekar menambahkan, strategi menjual itu adalah seni, tidak hanya fokus pada produk atau hard selling, melainkan heart selling. Pengetahuan produk sangat penting namun jual dulu "diri" sang salesman dengan membuat nyaman calon pelanggan, kenali dengan mengakomodasi auditory, kinestetik dan visual pelanggan saat bertemu langsung. Dalam konten onlinepun gunakan 5 kalimat pertama yang menarik perhatian yang tidak langsung menuju ke produk melainkan fokus pada "keuntungan" calon pembeli agar masuk ke dalam otak bawah sadarnya bahwa memang membutuhkan produk itu.

Adapun juri lain Wira mengemukakan, dunia sales adalah dunia yang menjanjikan uang tanpa batas, bahkan piknik ke luar negeri dinegara yang tidak pernah dipikirkan sebelumnya pun bisa dilakukan oleh seorang yang berprofesi sebagai seorang sales.

Category: Ekbis, PendidikanTags:
Email Autoresponder indonesia
author
No Response

Leave a reply "Ajang Lomba Kompetensi Siswa SMK Hasilkan 10 Finalis"