Dispora Kota Bandung dan PWI Gelar Pelatihan Jurnalistik

banner 468x60
banner 160x600

BCT – Kepala Dinas Pemuda dan Olah Raga (Dispora) Kota Bandung,  Drs. Edy Marwoto,  M. Si mengungkapkan, informasi yang tidak akurat yang tersebar di dunia maya berupa berita bohong (hoax)  masih menjadi masalah bagi perkembangan dunia informasi.

“Untuk menangkal berita bohong ini,  perlu pemahaman bagi para pemuda terutama Kota Bandung agar bisa mengetahui bahwa informasi yang diterima termasuk berita bohong atau tidak,” ungkapnya pada acara “Peningkatan Kapasitas Hidup Pemuda melalui Pelatihan Peran Jurnalis dan Pemuda Kota Bandung dalam Membangun Karakter Bangsa di Cafe Pawon Pitoe Jl. Bungur No. 1 Kota Bandung,  Senin (22/7/2019).

Hadir pula Ketua PWI Kota Bandung Hardhyansyah, beserta sejumlah anggota dan pengurus, serta Kabag Humas Kota Bandung Sonny,  Kabid Pengembangan Infrastruktur Kepemudaan Dispora Kota Bandung Ir. Win Syaprijal.

Dikatakan, perkembangan infiormasi di dunia maya sangatlah pesat. Perkembangan informasi ini berdampak positif bagi kemajuan suatu bangsa,  walaupun ada pula sisi negatif yang dapat memecah belah persatuan bangsa.

“Para pemuda diharapkan bisa memfilter berita yang tidak jelas sumbernya,  peristiwanya kapan dan dimana sesuai kaidah jurnalistik,” katanya.

Menurut Edy,  hoax adalah ancaman bagi persatuan bangsa. Berita bohong 100%, informasi kabur merupakan bukan fakta atau informasi hoax yang dikemas berupa berita yang direkayasa.

“Jadi,  para pemuda dan jurnalis sangatlah berperan untuk mengntamtam berita hoax, " jelasnya.

Disebutkan pula, pemuda adalah agen perubahan,  dan para pemuda yang tergabung dalam jurnalistik ini bisa bersama-sama memiliki visi dalam pemberantasan berita bohong/hoax sampai tuntas.

Sementara itu,  Ketua PWI Kota Bandung Hardhyansyah mengungkapkan bahwa pola pikir,  tingkah laku dan karakter para pemuda dalam menyikapi informasi di dunia maya harus didasari ilmu jurnalistik. Seperti para jurnalistik yang dibekali UU Pers,  Kode Etik Jurnalistik maupun UU ITE. Sehingga para pemuda bisa menangkal informasi yang tidak jelas sumbernya dan cenderung berita bohong/ hoax terutama di media sosial.

“Dengan adanya  kegiatan ini diharapkan para pemuda khususnya Kota Bandung,  bisa memberikan kontribusi yang positif dalam pembangunan SDM kota Bandung,” tandasnya.

Category: PendidikanTags:
Email Autoresponder indonesia
author
No Response

Leave a reply "Dispora Kota Bandung dan PWI Gelar Pelatihan Jurnalistik"