Bandung Readers Festival 2019 Semarakkan Hari Literasi Internasional

banner 468x60
banner 160x600

BCT – Menyemarakkan Hari Literasi Internasional, di lima lokasi strategis diselenggarakan Bandung Readers Festival pada tanggal 4 -8 September 2019 mendatang. Bandung Readers Festival adalah festival literasi yang bertujuan untuk mempertemukan pembaca dan merayakan beragam aspek dari aktifitas membaca melalui rangkaian dialog, diskusi, dan Iokalatih (workshop).

Gagasan festival ini bermula dari inisiatif warga Kota Bandung yang peduli dan terlibat pada kerja-kerja literasi dari berbagai latarbelakang seperti aktivis sosial, seniman, akademisi, pegiat komunitas, penulis, penerbit dan mahasiswa.

“Atas dukungan berbagai pihak, baik individu, komunitas, organisasi swasta, maupun institusi pemerintah, inisiatif untuk mengadakan Bandung Readers Festival pun terwujud,” ujar Galuh salah seorang penyelenggara kepada wartawan, di Cafe Abraham and Smith, Selasa (27/8/2019).

Pada perhelatan perdana Bandung Readers Festival tahun ini, mengusung tema “To Read or Not To Read”,  yang menyoroti pada perubahan cara baca, yang utamanya disebabkan oleh peralihan medium (dari buku ke layar digital).

Akses informasi yang kini semakin tidak terbendung memang menyodorkan banyak pilihan bacaan, namun juga meletakkan pembaca pada situasi yang membingungkan, apakah segala hal yang disodorkan ini akan kami baca?.

Lantas, dari pertanyaan tadi, muncul berbagai pertanyaan lanjutan seperti: bagaimana cara kita membaca, seberapa besar kepekaan kita sebagai pembaca, hingga apa yang kita takukan setelah membaca?.

Untuk mewadahi pertanyaan-pertanyaan, Bandung Readers Festival merancang rangkaian acara yang melibatkan pembaca, penulis, penerbit serta komunitas, dalam bentuk dialog, diskusi serta Iokalatih di lima titik di kota Bandung, Museum Gedung Sate, Nu Art Sculpture Park, Cafe Abraham and Smith, Rumah The Panasdalam, dan Institute Francais Indonesie.

Category: PendidikanTags:
Email Autoresponder indonesia
author
No Response

Leave a reply "Bandung Readers Festival 2019 Semarakkan Hari Literasi Internasional"