Public Speaking Tel-U Bersama TK Tadika Puri

0 63
banner 468x60
banner 160x600

Bandung, -Public Speaking sesungguhnya tidak hanya dimaknai sempit yakni ilmu tentang cara berbicar di depan saat kita akan berpidato, ceramah, menjadi MC, dan lain-lain.

Public Speaking sejatinya memiliki makna yang luas. Untuk mempengaruhi orang lain supaya mengikuti kehendak kita, melobi seseorang atau institusi agar memenuhi harapan kita, mengubah perilaku seseorang agar lebih baik, juga membutuhkan ilmu public speaking. Oleh karena itu, public speaking menjadi kebutuhan siapa saja dengan profesi apapun, tidak terkecuali bagi guru-guru TK. Atas dasar itu lah prodi ilmu komunikasi Telkom University menggagas kegiatan pengabdian masyarakat berupa pelatihan public speaking bagi guru-guru TK Yayasan Tadika Puri Bandung.

Kegiatan ini berlangsung selama kurang lebih dua jam yang dilaksanakan pada hari Kamis, tanggal 31 Oktober 2019, bertempat di TK Tadika Puri, Jl. Sanggar kencana VI no. 11 sanggar hurip. Para guru2 TK sangat antusias mengikuti kegiatan ini karena kemampuan public speaking menjadi salah satu kebutuhan mereka, mengingat mereka sering mengikuti kegiatan-kegiatan resmi yang diselenggarakan oleh dinas pendidikan.

 

Dalam acara dinas, biasanya guru2 diminta berbicara, baik sharing, bertanya, menyampaikan keluhan, dan hal-hal lain. Kemampuan public speaking yang baik, tentunya memudahkan para guru2 menyampaikan ide/gagasan yang positif kepada pihak dinas pendidikan.

Kegiatan pengabdian masyarakat berjalan sukses dengan dipandu oleh tiga orang pembicara, yaitu Dr. Syarifuddin, Nur Atnan, S.I.P., M.Sc., dan Itcta Istia Wahyuni, S.Ikom., M.B.A.

 

Pada intinya ketiga pembicara tersebut mengulas bahwa agar bisa memiliki kemampuan public Speaking yang baik modal utama yg harus dimiliki adalah memiliki keberanian sebagai modal awal, memiliki pengetahuan/ilmu/informasi/data untuk disampaikan, dan yang tidak kalah penting dan menjadi yang paling utama adalah positive feeling. Positive feeling merupakan perasaan positif yang melahirkan ketenangan, ke-rileks-an sehingga mampu menguasai forum, memudahkan penyampaian pesan secara sistematis, dan mampu melahirkan emosi yang mampu mendorong daya pengaruh pesan bagi audiens sehingga audiens dapat berubah sesuai pesan atau kehendak pembicara.

Category: UncategorizedTags:
Email Autoresponder indonesia
No Response

Leave a reply "Public Speaking Tel-U Bersama TK Tadika Puri"