BLC Kembali Gelar WS Ecoprint untuk Kelima Kalinya

banner 468x60
banner 160x600

Bandung, BLC (Bisnisnya Ladies Club) kembali menggelar WS Ecoprint kelima kalinya.

 

Worshop diikuti  15 orang peserta penyuka kriya yang terdiri dari berbagai kalangan mulai dad mahasiswa, dosen, juga ibu pengurus rumah tangga.

Menurut Ketua BLC Dr. Ida Tejawiani, MM. saat workshop di Cafe Eat Story, Selasa (4/2/2020) di Jalan Sulanjana 5 Bandung menjelaskan bahwa BLC memlliki komitmen untuk berbagi keterampilan melalul pelatihan yang ramah llngkungan, salah satu programnya adalah workshop Ecoprlnt yang materialnya berasal dart lingkungan.

"Dikatakan ramah Iingkungan karena semua materialnya menggunakan bahan baku alam, mulai dari bahan kain yang terbuat dari serat alam seperti animal fabric (protein) yaitu sutra dan wool, plan fabric (celluloce) sepertl katun dan linen," kata Ida.

 

Ida menambahkan Pewarna yang digunakan untuk mewamai kain juga terbuat dari pewarna alami yang berasal dari ekstraksi tumbuhan seperti daun, biji batang, bunga, kulit, dan altar.

 

Eooprint merupakan teknik cetak dengan menggunakan tenaga tangan (hand made) pada bahan berserat alami sepertl wool, sutra, linen dan katun yang mampu menyerap pewama alami dengan baik.

 

Dalam pelatihan lni dijelaskan proses pembuatan Ecoprlnt oleh fasilitator.

 

 

 

Workshop eooprint inl dipandu oleh fasilitator yang sudah mengantongl sertifikasikasi kompetensl sebagai fasilitaror dan kompetensi keahlian. dan Lembaga Penyelenggara Kursus dan Pelatihan dari BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi). Adapun nama-nama fasilitator adalah sbb:

Dr. Ida Tejawiani, MM, Dra. Kurweni Ukar, SE, M.Kom. ,  Ir. Koesharyani Hanan,  Endang Hermijati dan  Lilis Nuryati

 

Peserta yang sudah selesai mengikiutl Workshop akan diminta untuk praktek di rumah dan diharuskan memposting basil karyanya di WA group.

 

Fasilitator BLC siap memberikan evaluasi dan konsultasl. Selain itu BLC memfasllltasi tempat dan sarana lainnya untuk mengadakan Iatihan bersama.

Dengan demikian BLC sebagai penyelenggara Workshop yang berkelanjutan yang tidak berhenti di kelas pelatihan tetapl terus menjalin hubungan yang terus menerus dengan alumni.

Sementara itu salahsatu fasilitator Endang Hermijati mengaku bangga karena hasil karya dari BLC dimiliki Presiden Jokowi saat menghadiri kegiatan  Paguyuban Pasundan di Bandung Februari 2019 lalu berupa kimono.

 

Endang juga mengaku sering mengikuti  workshop untuk menambah ilmu dan pengalaman di  Bandung, Jakarta dan  Yogyakarta.

 

Dudy

Category: UncategorizedTags:
Email Autoresponder indonesia
No Response

Leave a reply "BLC Kembali Gelar WS Ecoprint untuk Kelima Kalinya"