Pentingnya HAKI Bagi Pengelola Media

0 32
banner 468x60
banner 160x600

BCT – Jurnalis Bela Negara (JBN) menyelengarakan kegiatan Ngopi Bareng JBN dengan tema “Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) Bagi Insan Media” dengan pembicara advokat Felix Wangsaatmaja SH, yang berlangsung di Sheraton Bandung Hotel Dago, Rabu (5/8/2020).

Pembicara acara pendukungpun ditampilkan yaitu Kepala Badan Kesbangpol Kota Bandung Bambang Sukardi tentang program Kesbangpol dan Direktur Wakaf Salman ITB M. Khirzan Nazar Noe’man menyoal program wakaf Salman dengan pembawa acara Boy Omar.

Mengawali kegiatan itu, Felix Wangsaatmaja menekankan tentang pentingnya nama sebuah media terdaftar secara resmi sebagai HAKI termasuk nama perusahaannya.

“Ya kita sepakat itu, karena kemungkinan persoalan hukum bisa terjadi pada perjalanan usaha media pers,” ungkapnya.

Ungkapan itu muncul, karena sempat menimpa pada sebuah media online yang dikelola Masdon dan Peter S. Wibowo dimana nama media yang bersangkutan diklaim pihak lain.

“Ini sempat terjadi dengan media yang kami kelola padahal nama media ini sudah lebih dulu kami beli domainnya, tiba-tiba ada yang mengklaim namanya,” ujar Masdon.

Menurut Felix, untuk melindungi semua itu maka diperlukan upaya dan perlindungan hukum agar usaha kegiatan media berjalan lancar sesuai ‘Trade Mark-nya” yang sejalan dengan nilai-nilai HAKI.

Sementara itu, menurut Direktur Wakaf Salman ITB M. Khirzan Nazar Noe’man, pendidikan adalah prioritas utama, karena tanpa pendidikan yang layak seseorang tidak akan mampu mendapat penghidupan yang lebih baik.

“Tanpa pendidikan, seseorang dapat terjerat tindak kejahatan dan jatuh kelubang kemiskinan,” katanya di tempat yang sama.

Untuk itu, Wakaf Salman menargetkan 750 paket donasi smartphone dan kuotai nternet dengan nilai Rp. 2.500.000 per paket.

“Insya Allah donasi akan disalurkan kepada guru dan siswa di daerah Bandung Raya hingga akhir Agustus 2020,” tuturnya.

Itu dilakukan karena hingga kini Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) secara fisik masih belum dapat dilaksanakan secara penuh. Salahsatu poinnya kegiatan belajar dari rumah secara online.

Berdasarkan Surat Edaran Kementerian Pendidikandan Kebudayaan: S.E Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19.

Pada bagian lain, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Bandung Bambang Sukardi mengatakan, setiap permasalahan sosial kemasyarakatan politik di kota besar seperti Kota Bandung pasti ada, sejalan dengan beragamnya kehidupan dan interaksi masyarakat.

“Namun setiap masalah itu bisa teratasi dan terdeteksi dengan bantuan semua pihak mulai dari tingkat aparat kewilayahan hingga tingkat Kota, yang dibantu dengan kerjasama para pemimpin non formal,” ujarnya.

Disinilah pentingnya kerjasama itu, ucapnya, yaitu antara RT, RW, Lurah, hingga Camat termasuk pemimpin non formal misal para tokoh masyarakat, Ormas, atau keagamaan tentu dengan pihak Kesbangpol.

“Cara efektif yaitu dialog dan komunikasi intens dengan pihak terkait bila persoalan muncul seperti sempat terjadi antara warga sekitar dengan pengembang Sumarecon yang berhasil diredam dan kini menguntungkan semua pihak,” pungkasnya.

Category: HukrimTags:
Email Autoresponder indonesia
author
No Response

Leave a reply "Pentingnya HAKI Bagi Pengelola Media"