Universitas Widyatama Kembangkan Tulisan Artikel Jurnal Internasional Bagi Mahasiswanya

BCT – Universitas Widyatama kini tengah mengembangkan program tulisan karya ilmiah mahasiswanya lewat artikel jurnal selain penulisan skripsi.

“Dalam karya ilmiah itu memang ada tulisan skripsi namun ada juga tulisan ilmiah lewat jurnal internasional,”    ujar Rektor Universitas Widyatama Prof. Dr. Obsatar Sinaga, saat acara Coffe Morning di kampus universitas tersebut jalan Cikutra kota Bandung, Selasa (23/2/2021).

Dikatakan, tulisan ilmiah ini memang relatif masih baru dibandingkan dengan penulisan ilmiah skripsi, karena baru dikembangkan pada mahasiswa Universitas Widyatama itu pada tahun 2020 ini.

“Kita baru melakukannya pada tahun 2020 lalu, para mahasiswa kami didorong membuat tulisan ilmiah di jurnal internasional”, tutur Obi.

Rektor, tidak menyebutkan mana yang lebih unggul diantara dua penulisan ilmuah itu, hanya saja disebutkan kalau penulisan ilmiah lewat jurnal internasional akan lebih banyak dibaca oleh orang dari seluruh dunia.

“Selain itu, berbeda dengan skripsi, penulisan jurnal halamannya relatif lebih sedikit meski tingkat kesulitan penulisan sama saja,” ungkapnya.

Tetapi, tandas Rektor, ada juga mahasiswa yang menulis artikel jurnalnya dengan sumber dari penulisan skripsi yang mereka susun.

Sebelumnya, Ketua Yayasan Widyatama Djoko Roespinoedji, SE, Pg, Dip. menyampaikan sejarah singkat berdirinya Universitas Widyatama hingga saat ini, termasuk menyinggung strategi pasar perekrutan mahasiswa baru.

“Tahun lalu kita menerima sekitar 3 ribu mahasiwa dan pada tahun 2021 ini kita targetkan sebanyak 4.500 orang mahasiswa baru termasuk mahasiswa pascasarjana,” katanya.

Seraya menambahkan, untuk menyiasati program penerimaan mahasiswa baru itu tim marketing Universitas Widyatama sudah bergerak mulai Nopember sampai bulan Pebruari sebagai waktu efektif usai siswa-siswa SLTA melaksanakan ujian akhir.

Leave a Comment