Peduli Pendidikan, Komunitas Sales Lakukan Pendampingan Perguruan Tinggi

BCT – Asosiasi Komunitas  Profesi Sales  Indonesia (KOMISI) mengelar kegiatan sinergi menjembatani link and match perusahaan dan perguruan tinggi dengan mengelar  Acara Nasional yang bertajuk Vokasi Mahasiswa – Sales Rebound 2021 yang mulai dipersiapkan pada akhir Maret ini.

Ketua Divisi Vokasi KOMISI Sekar Tyas Nareswari, memaparkan bahwa ide tersebut muncul dikarenakan dampak pandemi yang mengakibatkan mahasiswa atau calon lulusan perguruan tinggi saat ini harus bersaing ketat dengan tenaga kerja terdidik dan terampil yang sebelumnya telah mempunyai pengalaman dalam perusahaan namun diberhentikan karena kondisi perusahaan yang bangkrut.

“Dalam kondisi pandemi, berimbas pada efisiensi yang dilakukan perusahaan terutama dalam mengurangi jumlah tenaga kerjanya. Hal tersebut menutup peluang mahasiswa dan calon lulusan perguruan tinggi untuk bersaing di dunia kerja dan dunia usaha nantinya, karena perlu melawan mantan tenaga kerja yang sudah lebih mumpuni secara hard skill dan soft skill namun tidak bisa melanjutkan pekerjaan sebab perusahaannya tutup,” paparnya, Senin (22/3/2021).

Atas keprihatinan tersebut, Komunitas Sales Divisi Vokasi ini perlu menjembatani dengan sistem akselerasi sehingga mahasiswa pun memiliki percepatan ilmu hard skill dan soft skill meski hanya di dampingi dalam program dua bulan ( April – Mei) yang diawali pembekalan dari tokoh, praktisi, trainer serta sharring para orang hebat dibidang sales dan leader atau top manajemen IDUKA ( Industri Dunia Usaha dan Dunia Kerja).

Lalu mahasiswa diterjunkan pada kondisi riil peluang usaha dan pekerjaan nyata dalam perusahaan kecil, menengah atau besar, diminta membuat ide inovasi dan implementasi serta diberikan award bagi yang berprestasi dalam serangkaian penilaian yang nantinya perlu dilewati dengan sistem gugur, baik via daring dan luring di seluruh Indonesia.

“Dalam berbagai kesempatan, tim Vokasi KOMISI mulai mendekati tokoh yang dirasa dapat memberikan ilmunya secara tulus dan mendukung ide visi misi kami, seperti halnya saat ini kami menemui pak Dr Aqua Dwipayana Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional yang berkenan mendukung tanpa pamrih, selain itu kami minta bantuan pak Dedy Budiman Mpd, founder KOMISI untuk memberikan referensi Top Management Perusahaan yang merupakan relasinya untuk membekali peserta”, ujar Sekar yang juga merupakan mahasiswa Pasca Sarjana Magister Manajemen Universitas Atma Jaya Yogya.

Dr Aqua Dwipayana menyambut baik kunjungan dan menyerahkan  buku-buku karyanya The Power  of  Silaturahmi  Series kepada Sekar selaku perwakilan KOMISI yang menyambangi.

“Saya mendukung istilah yang diangkat KOMISI yaitu gotong royong membantu pendidikan. Memang dengan adanya komunitas sales yang jaringannya se-Indonesia, membuat sinergi mudah dilakukan dan silaturahmi menjadi kekuatan yang saling menguntungkan semua pihak”, kata Aqua Dwipayana

Secara terpisah Founder KOMISI Dedy Budiman Mpd, mengucapkan terima kasih atas kerjasama yang terjalin dari banyak pihak baik pemateri yang akan memberikan pembekalan dan dampingan maupun pihak Kreen Event Organizer yang mengorganisasi dalam menghubungkan ke dunia pendidikan, serta Perguruan Tinggi yang mengikuti kegiatan ini. Kegiatan tanpa pungutan biaya ini mewujudkan Visi dan Misi KOMISI yang konsen bahwa profesi sales merupakan pilihan profesi yang membanggakan setara profesi lainnya dan mental salesmanship yang etis dan mumpuni diharapkan mampu ditunjukkan lebih baik lagi setelah mengenal Komunitas Sales Indonesia.

“Dunia selalu berubah, kecakapan profesi sales pun juga perlu selalu diasah untuk menangkap peluang jaman dan mentalitas sales person akan menentukan sukses tidaknya seseorang, Asosiasi Komunitas Sales Indonesia merupakan wadah positif, rumahnya para sales untuk berkembang bersinergi dan mendukung perubahan secara positif,” pungkas Dedy. ***

Terlampir Foto

Ketua Divisi Vokasi KOMISI, Sekar Tyas Nareswari bersama Motivator Nasional & Pakar Komunikasi Dr. Aqua Dwipayana  turut memberikan apresiasi berupa buku karyanya yang ikut mendukung kegiatan KOMISI.

Related posts

Leave a Comment