PT. PIS Ikut Andil dalam Proyek Gasifikasi RU IV Cilacap

BCT – Dengan telah ditandatanganinya Heads of Agreement (HoA) bersama PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN), PT Pertamina International Shipping (PIS) turut ambil bagian dalam proyek gasifikasi RU IV Cilacap. Keterlibatan PIS pada proyek ini adalah untuk utilisasi kapal Liquefied Natural Gas (LNG) dengan skema long term time charter atau skema angkutan LNG lainnya.

Untuk menunjang pasokan LNG ke kilang Cilacap, akan dibangun infrastruktur LNG terintegrasi. Proyek ini akan menyuplai gas dengan peningkatan volume secara bertahap (ramp up) 111 MMSCFD selama 20 tahun ke Kilang Cilacap, dilaksanakan dengan skema Small Scale Land Based Regasification Terminal dan diperkirakan membutuhkan biaya investasi (Capex) sebesar USD 151,7 juta.

Kerja sama ini juga dapat menjadi milestone untuk memperkuat sinergi yang saling menguntungkan antar Subholding dan Holding Pertamina Grup

Menurut Riva Siahaan, Commercial Director PT Pertamina International Shipping, kesepakatan penting tersebut sudah melalui hasil pembahasan panjang yang melibatkan working level maupun management level di masing-masing subholding gas dan shipping. Terkait dengan hal-hal yang masih dalam proses finalisasi, telah dilakukan pembahasan lanjutan guna mengakomodir kebutuhan masing-masing Subholding yang bersinergi.

“PIS berterima kasih atas dukungan dan kepercayaan PT Pertamina (Persero) dan PT Perusahaan Gas Negara (PGN) dalam mengikutsertakan PT PIS sebagai shipping arm. Semoga kerja sama ini dapat memberikan kontribusi baik bagi perkembangan Pertamina secara holistik,” ujarnya.

Tentang PT Pertamina International Shipping (PIS)

PT Pertamina International Shipping (PIS) merupakan Subholding Company dari PT Pertamina (Persero) yang didirikan sebagai perusahaan  dengan visi “Perusahaan Shipping terkemuka di Asia, mendorong pertumbuhan ekonomi di Indonesia”. Untuk merealisasikan visi perusahaan yang terus tumbuh-berkembang tersebut, PIS mencanangkan misi sebagai agen pembangunan ekonomi Indonesia dengan operasi yang aman dan berkelanjutan dan menjadi mitra maritim terpercaya dan andal, serta menciptakan nilai bagi para pemangku kepentingan dalam menjalankan bisnisnya.

Pada Rabu, 5 Mei 2021 PIS diresmikan sebagai subholding shipping dari Pertamina (Persero) dan siap menjalankan amanat untuk melebarkan sayap bisnisnya menjadi integrated marine logistics co. ***

Related posts

Leave a Comment